POIN2 PENGETAHUAN DASAR TENTANG SAHAM

🔵 PENDANAAN PERUSAHAAN 

Saham sangat erat hubungannya dengan pendanaan perusahaan, baik sebagai pengadaan modal dasar untuk fase penciptaan perusahaan atau disebut saham PRA IPO ataukah untuk tambahan modal perusahaan yang disebut IPO 

🔵 KEPEMILIKAN PERUSAHAAN 

Jika anda tidak memiliki kemampuan untuk membangun perusahaan dan mengurusi segala keperluannya baik itu dalam segi produksi, manajemen, keuangan, distribusi, dan pemasaran. Maka hal yang paling masuk akal yang anda tempuh untuk memiliki perusahaan adalah dengan memiliki sahamnya 

🔵 SAHAM LEBIH FLEKSIBLE 

Saham adalah bagian kepemilikan perusahaan yang bisa di pecah2 sampe 1 lembar saham. Dan saham ini bisa di perjual belikan sesuai dengan porsi harga masing2 saham perusahaan yang dicerminkan dari  total nilai kapitalisasi perusahaan atau bahasa sederhananya adalah nilai kekayaan perusahaan secara keseluruhan. Misal : jika total saham perusahaan berjumlah 100 juta lembar dan anda memiliki 20% dari perusahaan tersebut itu artinya anda memiliku 20 juta lembar saham. Jika nilai kekayaan perusahaan secara keseluruhan adalah 100 milyar maka nilai kekayaan anda akan kepemilikan perusahaan tersebut adalah sebesar 20 Milyar. Jika dihitung harga per lembar sahamnya maka akan temu jumlah nilai kekayaan perusahaan di bagi dengan total jumlah saham yaitu 100 Milyar rupiah : 100 juta lembar = 1000/lembar saham.

🔵 2 KEUNTUNGAN KEPEMILIKAN SAHAM 

1. Kapital gain, karena saham ini nilainya ditentukan oleh fundamental perusahaan, supply demand di market maka harganya fluktuatif. Oleh karena itu keuntungan dalam jangka panjang diperoleh dari kenaikan harga saham di bursa. Kenaikan nilai saham ini secara otomatis akan menaikkan nilai saham yang anda punya. 

2. Deviden adalah bagi hasil yang diberikan oleh perusahaan kepada anda. Diperoleh dari keuntungan perusahaan setiap tahunnya. Karena anda yang memilikinya secara otomatis anda berhak akan keuntungan yg diciptakannya 

🔵 BUKTI AKAN KEPEMILIKAN SAHAM 

Kepemilikan saham dibuktikan dengan adanya kepemilikan sertifikat atau surat2 yg menyatakan bahwa anda sebagai pemegang saham di perusahaan tertentu yang di aprove oleh pihak perusahaan secara syah. 

🔵 VOLUME MARKET SAHAM 

Saham memiliki volume market terbesar ke dua setelah forex. Tempat bertemunya pembeli dan penjual saham ini biasa disebut bursa saham atau pasar modal. Disini temoat bertemunya para investor dan business owner dari berbagai dunia untuk bisa mengakuisisi saham dari perusahaan2 yang mereka anggap kompeten. 


🔵 BEDANYA INVESTOR DENGAN TRADER PADA SAHAM 

Investor lebih mengutamakan fundamental perusahaan, karena investor menginvestasikan modalnya untuk ikut membangun perusahaan. Mereka mengharapkan keuntungan dari pertumbuhan perusahaan. Itulah mengapa investor selalu memiliku saham perusahaan untuk investasi jangka panjang. 

Sedangkan TRADER berbeda dengan investor, mereka menganalisa, memantau dan melihat kondisi pasar setiap hari. Memanfaatkan fluktuatifnya harga berbagai saham untuk bisa membeli diharga rendah dan menjualnya di harga tinggi. Disini lah mengapa trader bukan termasuk kuadran kanan akan tetapi masuk kuadran kiri atau disebut self employee. 

🔵 PERBEDAAN ANTARA PRA IPO DAN IPO 

Pra ipo adalah fase dimana perusahaan dalam masa START UP atau baru mulai, keoemilikan saham disini lebih bertujuan untuk menyediakan modal dasar perusahaan. Keuntungan yang paling menonjol disini adalah para investor memanfaatkan lonjakan harga saham pada saat perusahaan belum memasuki market ke saat perusahaan berhasil memasuki market. Konsep dasarnya mudah. Anda seperti membeli tomat di petani dan menjualnya ke konsumen. Selisihnya jelas lebih besar daripada anda membeli dipasar dan menjualnya ke konsumen. 

Sedangkan IPO keuntungan yg didapat hanya dari kapital gain dan deviden. 

Kesimpulan : 

Memiliki saham adalah memiliki perusahaan, dengan adanya banyak masyarakat yang berkecimpung di dunia saham itu dapat membuat tingkat perekonomian masyarakat semakin baik dan juga mendorong pertumbuhan perusahaan. Inilah mengapa pemerintah sangat menganjurkan masyarakat untuk ikut bersama2 membangun negeri dengan ikut serta sebagai investor khususnya didalam kepemilikan saham. 

YUK NABUNG SAHAM 

By. Julfa Yuan 
Top Expert - Skyway Capital Indonesia

Info Selanjutnya : wa.me/6289669521829

Tidak ada komentar:

Posting Komentar