KEUTAMAAN HARI SENIN DAN KAMIS


Pada hari senin dan kamis amalan-amalan hamba diangkat kepada Allah untuk dilihat dan diperiksa, oleh karena itu, dianjurkan untuk berpuasa dan memperbanyak amal shaleh, sebagaimana Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam senang berpuasa sunnah pada dua hari tersebut.

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

“Amalan-amalan (hamba) diperlihatkan (kepada Allah) pada hari senin dan kamis, maka aku senang jika amalanku diperlihatkan (kepada-Nya) dan aku sedang berpuasa.” (HR. At-Tirmidzi: 747)

Adapun keutamaan lain di hari hari ini adalah, Rosulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ فَيُقَالُ أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

“Pintu-pintu surga dibuka pada hari senin dan kamis, maka akan diampuni setiap hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatupun, kecuali seseorang yang memiliki permusuhan antara dirinya dengan saudaranya. Maka akan dikatakan, “Tundalah (pengampunan dosa dan kesalahan mereka berdua), sehingga mereka berdua berdamai. Tundalah (pengampunan dosa dan kesalahan mereka berdua), sehingga mereka berdua berdamai. Tundalah (pengampunan dosa dan kesalahan mereka berdua), sehingga mereka berdua berdamai.” (HR. Muslim: 2565).

Saudaraku yang berbahagia, kalo kita mencermati hadits yang mulia di atas, maka kita dapati bahwa pengampunan dosa dan kesalahan pada hari senin dan kamis itu jika; orang tersebut mentauhidkan Allah Ta’ala, dan tidak menyekutukan Allah dengan sesuatupun. Atau tidak bermusuhan dengan saudaranya sesama muslim.

Oleh karena itu wahai saudaraku, hilangkan permusuhan dan kebencian kepada saudaramu, terlebih di hari ini, agar kita mendapatkan keutamaan dari Allah Ta’ala dengan diampuni dosa-dosa dan kesalahan kita.

Mudah-mudahan Allah Ta’ala menjadikan kita termasuk orang-orang yang mendapatkan kutamaan itu, dan mengampuni dosa-dosa dan kesalahan kita semua…

آمين يا رب العالمين

Fuad Hamzah Baraba’, حفظه الله تعالى

Tidak ada komentar:

Posting Komentar