Transportasi Salah Satu Penyebab Pencemaran Lingkungan

Setelah New Delhi membukukan peningkatan sebesar 40 kali lipat ambang batas polusi udara, kota ini mulai disandingkan dengan kamar gas. Pada saat yang sama, The New Yorker menerbitkan sebuah artikel mengenai salah satu sekolah swasta untuk anak-anak India dari keluarga kelas atas serta anak-anak dari keluarga ekspatriat. Ciri khas lembaga pendidikan ini — filter industri untuk pemurnian udara. Alat ini begitu ampuh sehingga mampu memastikan mutu udara di dalam ruangan jauh lebih tinggi dibandingkan di seluruh kota.

Apakah Anda berpikir bahwa ini sebuah kebetulan? Sepertinya tidak. Media massa terus menyuarakan bahwa lingkungan alam di planet Bumi terus berubah. WHO melakukan sejumlah perhitungan dan menuliskan program untuk menyelamatkan umat manusia dari diri mereka sendiri. Kita punya sebuah paronomasia: Воз и ныне там.

Iya, biarkan pencemaran lingkungan terjadi bukan hanya akibat ulah manusia, melainkan juga terjadi karena sebab-sebab yang alami. Namun, yang menjadi sumber utama pencemaran udara masih tetap pabrik, tanur tiup, kompleks peternakan dan lain-lain. Dan juga sarana perkeretaapian, mobil, transportasi udara, transportasi sungai, transportasi laut, transportasi melalui pipa. Mari kita uraikan lebih dalam apa saja jenis dan tipe pencemaran, bagaimana mereka berkembang, dan apakah kita bisa melakukan sesuatu untuk menguranginya.

«Efek Rumah Kaca»

Efek yang menyebabkan pemanasan global di Bumi. Disebabkan oleh limbah karbon dioksida, nitrogen dioksida, metana, klorofluorokarbon, yang dilepaskan ke atmosfer dan kerap disebut «gas rumah kaca». Jika mereka tertimbun di atmosfer, suhu rata-rata di Bumi bisa meningkat sebesar 1,5-4,5 derajat. Yang pada akhirnya akan membawa sejumlah dampak negatif yang tak terhindarkan: meningkatnya permukaan laut di Bumi sekitar 65 cm dalam 100 tahun ke depan. Yang akan mengakibatkan tenggelamnya sejumlah pulau dan pesisir. Selain itu, akan terjadi pula pergeseran batas-batas zona iklim dari garis khatulistiwa menuju garis kutub. Ini akan berujung kepada relokasi tempat tinggal manusia dan perpindahan fasilitas rumah tangga yang terkait.

Rusaknya Lapisan Ozon di Bumi

Menipisnya lapisan ozon akan mengakibatkan peningkatan penyakit kanker dan membunuh fitoplankton. Dan hal ini – elemen utama dalam rantai makanan di lautan dunia. Diperkirakan bahwa kerusakan lapisan ozon dipengaruhi oleh tingkat pertumbuhan produksi dan limbah klorofluorokarbon serta zat-zat lain yang dilepaskan ke lingkungan sekitar, yang mana zat-zat ini digunakan untuk memproduksi lemari es, pendingin ruangan, aerosol dan lain sebagainya.

Pencemaran Udara

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, konsentrasi zat-zat yang berbahaya bagi manusia di kota-kota besar terus meningkat melebihi norma-norma yang ditetapkan sebanyak puluhan kali lipat. Hujan asam yang muncul akibat kombinasi dari senyawa emisi sulfur dioksida dan nitrogen oksida ditambah kelembapan atmosfer akan membawa kehancuran kepada hutan, danau, dan tanah. Dan di sini yang patut disalahkan adalah sumber pencemaran stasioner – pabrik, peternakan, dan pusat produksi. Namun, sumber-sumber yang lebih mobil seperti transportasi, juga turut memberikan sumbangsih terhadap pencemaran udara.

Salah satu yang dianggap paling berbahaya adalah mobil. Di Amerika Serikat, Jerman, dan Prancis, mobil bertanggung jawab atas 60% pencemaran udara yang terjadi. Karbon monoksida, nitrogen oksida, hidrokarbon, dan timbal serta senyawa-senyawa yang merupakan perpaduan dari mereka, yang memiliki sifat karsinogenik dilepaskan ke udara bersamaan dengan gas knalpot. Diperhitungkan bahwa satu mobil saja dalam setahun melepaskan sebanyak 600-800 kg karbon monoksida 96, sekitar 200 kg hidrokarbon yang tidak terbakar, serta sekitar 40 kg nitrogen oksida ke atmosfer.

Kebijakan untuk Menurunkan Pencemaran Udara

Sebenarnya, memantau kondisi lingkungan akibat pencemaran udara mobil terbilang cukup sulit.  Secara teori, masalah ini bisa saja dipecahkan dengan cara memasang perangkat perekam pada setiap mobil, bus, truk dan lain sebagainya. Ini mengizinkan untuk dilakukannya klaim ganti rugi atas kerusakan lingkungan dan kerugian ekonomi dari masing-masing orang maupun perusahaan yang bertanggung jawab. Namun, saat ini, hal tersebut masih mustahil secara teknis. Oleh sebab itu, di dunia saat ini masih terus dilakukan pencatatan jumlah berikut kualitas faktor produksi yang menjadi penyebab emisi ini. Mereka juga menetapkan standar lingkungan untuk bahan bakar kendaraan. Memberlakukan pajak per unit sumber emisi.

Kesulitan hadir akibat transportasi yang melintasi batas-batas negara dengan standar lingkungan yang berbeda. Oleh sebab itu, pemerintah dari negara-negara yang berkepentingan secara aktif meninjau peluang-peluang penyatuan persyaratan lingkungan global.

Masih ada lagi satu metode untuk menurunkan pencemaran udara – membatasi masuknya kendaraan truk ke batas kota dan memberlakukan zona parkir berbayar di pusat kota, seperti yang sudah diterapkan di Moskow. Atau memperbaharui armada bus, seperti misalnya di Murmansk.

WHO menilai beberapa solusi yang memungkinkan atas situasi yang ada:

Beralih ke metode pembangkit listrik yang bersih;
Memberikan perhatian lebih besar kepada transportasi perkotaan, pejalan kaki, jalur pesepeda di perkotaan, serta pengangkutan penumpang maupun muatan dengan sarana perkeretaapian antarkota;
Menggunakan kendaraan diesel berat yang lebih bersih dan mobil dengan tingkat emisi yang rendah, serta bahan bakar yang lebih ramah terhadap lingkungan, termasuk bahan bakar dengan konsentrasi sulfur yang rendah.
Ini terutama sangat aktual, mengingat bahwa di kota-kota di Rusia yang tidak memiliki pabrik produksi besar, yang menjadi penyebab utama dalam pencemaran udara adalah gas buangan yang dihasilkan oleh kendaraan.



Dalam hal ini, pabrik-pabrik industri yang berada di luar batas kota atau di dekat wilayah pinggiran kota memiliki situasi yang berbeda.



Periksalah seberapa tinggi tingkat pencemaran udara di kota Anda.

Tetapi, pertumbuhan jumlah mobil di kota-kota besar Rusia yang terus mengalami peningkatan – bukan satu-satunya masalah. Lebih dari 30% mobil ringan dan 65% truk tidak sesuai bahkan dengan standar lingkungan yang sudah usang sekalipun, yaitu Euro-2 tahun 1995, yang mengatur kandungan zat berbahaya dalam gas buangan.

Meskipun mutu bahan bakar Rusia, menurut Wakil Presiden «Rosneft» dalam hal penyulingan minyak, telah menyusul, bahkan melampaui Eropa. Menurut standar internal, bahan bakar dibagi ke dalam kelas K2-K5, yang sepenuhnya sesuai dengan peraturan internasional. Dan mulai tanggal 1 Juni 2017 di negara tersebut penjualan bahan bakar dengan kelas di bawah K5 sudah dilarang.

Jangan dilupakan pula bahwa tingkat emisi berbahaya ke atmosfer tergantung pada hal-hal seperti pengereman, ban, dan jalanan itu sendiri. Keausan mereka dan keterlambatan dalam hal penggantian ban menyebabkan munculnya partikel-partikel kecil yang lepas ke udara.

Pengurangan Jumlah Lintasan

Saat ini, wilayah yang luasnya setara dengan lima kali area Britania Raya, «tergulung» di bawah lapisan aspal dan «terkubur» di bawah rel kereta. Oleh sebab itu, beberapa negara tengah mempertimbangkan untuk menurunkan jumlah lintasan.

Sebagai contoh, di Seoul terdapat jalan raya empat jalur, yang dilalui oleh sebanyak 170.000 kendaraan dalam sehari. Tetapi, kemudian jalan raya ini berubah menjadi satu kemacetan padat. Alih-alih memperluas jalan, administrasi perhubungan memutuskan untuk menghindari masalah ini. Ini dapat berakibat pada kekacauan. Dan, tambahan lagi, beban ke pusat kota pun berkurang. Banyak penduduk ibu kota Korea Selatan ini beralih menggunakan kereta bawah tanah dan seiring waktu terbiasa dengan moda transportasi ini.

Alih-alih jalan, pihak pemerintah Seoul menciptakan taman dan memulihkan Sungai Chuncheon yang sepanjang waktu itu tersembunyi di bawah aspal. Kereta bawah tanah dengan cepat meraih popularitas di antara penduduk lokal dan wisatawan. Keuntungan dari solusi ini juga dirasakan bahkan oleh para pengusaha, penyelenggara festival, dan pesepeda.

Solusi yang sama juga diterapkan di Seattle, New York, dan Sheffield.

Bantuan Bisnis

Pengangkutan muatan melalui kereta api bisa dibenarkan, yang mana tidak bisa Anda temukan di truk-truk sejenis. Seringkali mereka memotong jalan-jalan di perkotaan yang telah menjadi gurun, membawa kerusakan lingkungan yang tidak sedikit. Sebagai contoh, di London hampir 40 persen truk diisi kurang dari seperempat.

Jika kita ingin menghindari asap, pemecahan masalah terkait pengangkutan muatan juga sama pentingnya seperti menciptakan sistem transportasi umum yang berkualitas. Beberapa organisasi telah menerapkan pengiriman muatan dengan mobil listrik atau sepeda. Sebagian kota-kota di Eropa menggunakan jalur trem untuk tujuan ini.

SkyWay Sebagai Solusi Atas Masalah

19 orang menggunakan kira-kira 30 ton oksigen selama setahun, jumlah sama yang rata-rata dialokasikan oleh 1 hektare hutan pinus dalam waktu yang sama. Satu hektare hutan gugur mengalokasikan oksigen dua kali lebih sedikit, sementara 1 hektare lahan pertanian — mulai dari 3 hingga 10 ton oksigen dalam setahun. Oleh sebab itu, jika 100 juta hektare lahan diubah menjadi jalanan, kita akan kehilangan setidaknya 1,5 miliar ton oksigen per tahun. Jumlah inilah yang diperlukan untuk bernapas bagi 1 miliar orang.



Agar 1 kg bensin terbakar sepenuhnya, diperlukan 3,4 kg oksigen atau sekitar 15 kg (12 m3) udara. Zat yang terkandung di dalam produk pembakaran bahan bakar, termasuk gas buangan mobil, mampu menyebabkan perkembangan progresif yang negatif pada sistem saraf pusat, hati, ginjal, otak, alat kelamin, keletihan, sindrom Parkinson, pneumonia, ataksia endemik, asam urat, kanker paru-paru, dermatitis, keracunan, alergi, penyakit pernapasan, dan penyakit-penyakit berbahaya lainnya. Peluang munculnya penyakit terus meningkat seiring dengan bertambahnya waktu paparan zat-zat berbahaya serta peningkatan konsentrasi di dalamnya, seperti misalnya yang terjadi di kota-kota megapolis modern.

Oleh sebab itulah, peralihan ke transportasi dawai dan teknologi SkyWay – satu-satunya jalan keluar yang benar atas situasi yang ada. Ini mampu menghemat 31,2 miliar ton bahan bakar selama setahun untuk 25 juta kilometer lintasan berkecepatan tinggi. Yang untuk membakarnya tidak diperlukan sebanyak 106 miliar ton oksigen.  Dan mereka akan dapat dimanfaatkan untuk bernapas bagi 67 miliar orang di bumi. Selain itu, penghentian pembakaran tahunan sebanyak 31,2 miliar ton bahan bakar akan dapat menyelamatkan kita dari emisi berbahaya 100 zat beracun dan karsinogen ke lingkungan.



Pembakaran tahunan tambahan 31,2 miliar ton bahan bakar bersama dengan 106 miliar ton oksigen atmosfer akan memberikan 31,2 + 106 = 137,2 miliar ton emisi tambahan.

Untuk pembangunan 25 juta km jalur layang berkecepatan tinggi tidak diperlukan ratusan miliar ton logam dan kubik meter beton tambahan. Tidak perlu pula menambang puluhan miliar ton minyak dan sumber energi lainnya. Tidak diperlukan miliaran kilowatt kelebihan daya untuk menggerakkan sarana perkeretaapian. Lingkungan sekitar tidak akan tercemar, tidak oleh produk pembakaran bahan bakar, tidak juga oleh kebisingan yang memekakkan.

Tanggul-tanggul yang dibangun untuk kereta api (dalam hal ini yang berkecepatan tinggi) dan jalan raya menutupi, atau dalam hal ini menempati minimal 4 hektare lahan untuk setiap kilometer panjangnya. Jika di seluruh dunia akan dibangun sebanyak 25 juta km kereta berkecepatan tinggi antarkota dan lintasan dawai antarkota, ini akan dapat menyelamatkan kita dari kehancuran sebesar 1 juta kilometer persegi lahan lainnya. Dengan biaya rata-rata lahan yang dialokasikan untuk selanjutnya dibangun 1 juta USD/hektare, biaya atas tanah yang diselamatkan adalah 100 triliun USD, dan dengan biaya 10 juta USD/hektare di masa yang akan datang (harga lahan terus meningkat) — 1.000 triliun USD. Ini — belum memperhitungkan masalah lingkungan yang diciptakan oleh lahan tambahan dari biosfer bumi di wilayah yang sebegitu besar, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Manfaat lingkungan dari penerapan teknologi SkyWay sangatlah besar. Masih ada satu lagi keuntungan lingkungan yang diberikan teknologi dawai — penghematan sumber daya alam untuk produksi massal sarana perkeretaapian.

Semakin jelas kiranya bahwa SkyWay benar-benar mampu memengaruhi kondisi lingkungan di dunia, tidak hanya dalam wacana untuk menurunkan tingkat emisi ke atmosfer, tetapi juga dalam wacana untuk menyelamatkan lahan. Dan semua ini diikuti oleh manfaat ekonomi yang nyata.

No comments:

Post a Comment