PERUSAHAAN SEBESAR SKYWAY DIBAWAH PENGAWASAN BVI

"OJK INDONESIA BELUM BERWENANG SAAT INI KECUALI KEDEPAN SKYWAY PUNYA CABANG DI INDONESIA BARULAH KITA PASTI URUS"

Untuk menjadi pengetahuan teman-teman dan kemudian bisa menilai secara objective tentang investasi di SW, ini saya kasikan sedikit ulasan tentang sejarah terbentuknya BVI maupun Offshore Company lainnya ya... 

Kalau anda mau simpan harta agar aman selama 6 abad maka tidak ada tempat teraman didunia kecuali di wilayah Trustee atau biasa disebut dengan negara TAX HEAVEN. Dimana negara itu? negara itu hanya sebuah pulau kecil atau teritory kecil dengan komunitas juga kecil. Ibaratnya seperti negara dalam negara. Saat sekarang negara negara dimaksud adalah JERSEY, DELAWARE, PUERTO RICO di Amerika, ISLE OF MAN di UK, ada juga di wilayah British Teritory seperti BERMUDA, BRITISH VIRGIN ISLANDS dan CAYMAND ISLAND. 

Sejarah wilayah Trustee ini jauh lebih tua dari peradaban sekarang ini. Wilayah Trustee itu sebetulnya berdiri karena hukum Gereja , yang disebut TRUSTEE ACT. PBB MENGAKUI BAHWA HUKUM LEBIH TUA TIDAK BISA DIHAPUS OLEH HUKUM BARU KECUALI DIHAPUS OLEH PEMILIK HUKUM ITU SENDIRI (Note ini ya...). Dan hukum Gereja adalah hukum tertua dari hukum modern.

Mengapa hukum Trustee itu dibuat oleh Gereja? Begini ceritanya. Dulu waktu perang salib banyak para kesatria Eropa berperang ke Timur Tengah meninggalkan istri dan selir serta harta. Namun setelah mereka kembali dari perang, semua harta dan istrinya telah di jarah orang lain. Maklum mereka pergi berperang bukan dekat tapi jauh yang butuh tahunan berkelana. Jadi wajar setelah kembali semua yang di tinggalkan diambil orang. Mereka protes kepada Pemimpin Gereja karena mereka perang atas nama Gereja tapi Gereja tak bisa menjaga harta mereka. Karenanya dibuatlah UU trustee yang memungkinkan harta itu dijamin aman oleh gereja sampai 600 tahun. Dengan UU trustee ini memungkinkan harta di catat oleh gereja dengan tingkat kerahasiaan tinggi. Karena rahasia maka harta itu tidak bisa dijadikan target pajak bagi negara. Gereja juga bertindak sebagai wali amanah atas harta warisan kepada ahli waris. 

Nah, itu sejarahnya ya..

Dalam perkembangan berikutnya , wilayah Trustee ini menjadi tempat aman bagi orang menyimpan uang/harta. Apakah uang ada di wilayah trustee ? Tidak. Fisiknya ada dimana saja tapi CATATAN KEPEMILIKAN BERDASARKAN HUKUM TRUSTEE-lah yang berada di wilayah bebas pajak (tax heaven) ini. Karena sifatnya rahasia, orang gunakan perusahaan yang terdaftar di wilayah Trustee untuk pemindahan rekening antar pemilik uang tanpa harus bayar pajak, tanpa harus tunduk dengan aturan Cross Border Transfer yang ditetapkan oleh BIS (Bank International for Settlements). 

Walau sifatnya hanya perusahaan cangkang yang hanya berfungsi sebagai catatan saja namun legitimasinya jelas sebagai Entity Business lazimnya. Soal jenis usaha tidak penting bagi wilayah Trustee. Apa saja bisa. Anda bisa mendirikan lembaga keuangan atau apa saja. Tidak ada masalah. Kalau mau IPO, tidak perlu izin OJK. Tidak perlu tunggu untung sekian tahun. Buka hari ini, hari ini anda bisa jual saham ke investor atau surat utang. Kemudahan lainnya adalah, wilayah Trustee menjadi tempat yang aman, nyaman dan cepat untuk deal atau menarik dana dari investor dimana saja. 

Apakah keberadaan Offshore Company di wilayah Trustee itu negatif? Bisa. Positif? Bisa. Kita mungkin hanya kurang paham ketika di negara ini heboh Panama Papers kemaren, tidak semua pengusaha/perusahaan berniat jelek dengan terdaftar di Wilayah Trustee. Wilayah Trustee hanya menyediakan kemudahan dalam berbisnis. Etika bisnis itu urusannya masing2 pengusaha/perusahaan. Kan tidak mungkin di rumah anda ada pencuri yang anda salahkan rumahnya? Dan ingat,yang saya note diatas, PBB MENGAKUI BAHWA HUKUM LEBIH TUA TIDAK BISA DIHAPUS OLEH HUKUM BARU KECUALI DIHAPUS OLEH PEMILIK HUKUM ITU SENDIRI, dan hukum itu adalah TRUSTEE ACT – Hukum yang memayungi semua perusahaan yang terdaftar di wilayah Trustee. 

Sampai disini bisa paham ya... Mari kita lihat apa yang dilakukan SkyWay dalam pendanaan untuk project2nya. SW memilih menggunakan skema Crowd Investmet (Crowdfunding) / lebih mudahnya URUNAN - kepada Investor di seluruh dunia untuk kebutuhan pembiayaannya. Sekarang coba anda pikir ya..di Indonesia ada yang namanya PMA (Penanaman Modal Asing), SYARAT DAN KETENTUAN BERLAKU (Silahkan anda terjemahkan sendiri.hehe....). Apakah Belarusia (negara tempat project SW) punya hukum/ aturan serupa terhadap PMA? YA!! Jikalau kemudian semua dana yang mengalir dari seluruh dunia ke Project SW masuk ke Belarusia dengan syarat dan ketentuannya dalam PMA, saya kok sudah pusing rasanya membayangkan regulasinya akan seperti apa, mungkin Opa Anatoly pun akan stress!! Belum lagi kalau mau IPO.....

Lantas bagaimana caranya? 
Mau Crowd Investment yang mudah? 
Mau IPO gampang?
Wilayah Trustee jawabannya...SkyWay registered on British Virgin Island, DONE !

Silahkan Memulai Mempelajari SkyWay DISINI

Silahkan Memulai Kepemilikan SkyWay DISINI



No comments:

Post a Comment